Jumat, 03 April 2015

Contoh MSDS Versy Indonesia



LEMBAR DATA KESELAMATAN BAHAN
ASAM SALISILAT


ACC # 20315

Bagian 1
Produk Kimia dan Identifikasi Perusahaan


MSDS Nama : Asam salisilat
Nomor catalog : S78056, S78056-1, A275, A275-12, A275-212, A275-500, A275250LB, A277 500, A277-500, A277500, NC9747210, S780561, SEA277100LB
Sinonim: Asam benzoat, 2-hidroksi; asam o-Hydroxybenzoic; Asam 2-Hydroxybenzoic; asam Orthohydroxybenzoic
Perusahaan Identifikasi :
               Fisher Scientific
               1 Reagent Lane
               Fair Lawn, NJ 07410
Untuk informasi, hubungi : 201-796-7100
Nomor Darurat: 201-796-7100
Untuk bantuan CHEMTREC, hubungi : 800-424-9300
Untuk bantuan International CHEMTREC, hubungi : 703-527-3887


Bagian 2
Komposisi, Informasi Bahan



CAS #
Nama Kimia
Persen
EINECS / ELINCS

69-72-7
Asam salisilat
ca. 100
200-712-3
                                                                         
Simbol bahaya: XN
Frase risiko: 22 36/38





Bagian 3
Identifikasi bahaya


                                                DARURAT GAMBARAN
Penampilan : putih.
Peringatan!
Kontak dengan kulit menyebabkan iritasi dan kemungkinan luka bakar, terutama jika kulit basah atau lembab. Peka cahaya. Kelembaban sensitif. Mungkin berbahaya jika tertelan. Dapat menyebabkan efek sistem saraf pusat. Menyebabkan gangguan mata berat. Dapat menyebabkan efek reproduksi dan janin. Penyebab pencernaan dan iritasi saluran pernafasan.
Target Organ : Ginjal, sistem saraf pusat, pankreas.

Potensi Efek Kesehatan
Mata : Menyebabkan gangguan mata berat. Dapat mengakibatkan cedera kornea.
Kulit : Kontak dengan kulit menyebabkan iritasi dan kemungkinan luka bakar, Terutama jika kulit basah atau lembab. Jika diserap, dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan yang untuk konsumsi. Dapat menyebabkan ruam kulit dan letusan.
Tertelan : Menyebabkan gangguan pencernaan dengan mual, muntah dan diare. Dapat menyebabkan "salicylism"; ditandai dengan sakit kepala, pusing, telinga berdenging, mendengar kesulitan, gangguan penglihatan, kebingungan mental, mengantuk, berkeringat haus, hiperventilasi, mual, muntah dan diare. Mungkin berbahaya jika tertelan. Parah salisilat keracunan dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat seperti kejang-kejang dan koma, letusan kulit, dan perubahan dalam keseimbangan asam-basa.
Inhalasi : Menyebabkan iritasi pada selaput lendir dan saluran pernapasan bagian atas.
Kronis            : Dapat menyebabkan efek reproduksi dan janin. Percobaan laboratorium telah menghasilkan efek mutagenik. Dapat menyebabkan salicylism dengan efek serupa dengan penyerapan kulit. Dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan pankreas.


Bagian 4
Tindakan Pertolongan Pertama


Mata : Segera basuh mata dengan banyak air selama minimal 15 menit, sesekali mengangkat kelopak mata atas dan bawah. Dapatkan bantuan medis.
Kulit : Dapatkan bantuan medis. Segera basuh kulit dengan banyak sabun dan air selama minimal 15 menit sambil melepaskan pakaian dan sepatu yang terkontaminasi. Cuci pakaian sebelum digunakan kembali.
Tertelan : Jika korban sadar dan waspada, berikan 2-4 cupfuls susu atau air. Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang tidak sadar. Dapatkan bantuan medis. Merangsang muntah dengan memberikan satu sendok teh Sirup Ipecac.
Inhalasi : Dapatkan bantuan medis. Hapus dari paparan udara segar segera. Jika tidak bernapas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernapas, berikan oksigen.
Catatan untuk Dokter : Ikuti dengan lavage lambung dengan arang aktif. Jika tersedia, mengelola heksasianoferat besi sebagai agen penangkap gastrointestinal. Orang dengan gangguan yang sudah ada kulit, masalah mata, atau gangguan fungsi ginjal mungkin lebih rentan terhadap efek dari zat ini.


Bagian 5
Tindakan Penanggulangan Kebakaran


Informasi Umum : Seperti api apapun, pakai alat bernafas mandiri tekanan-demand, MSHA / NIOSH (disetujui atau setara), dan alat pelindung penuh. Debu pada konsentrasi yang cukup dapat membentuk ledakan campuran dengan udara. Selama kebakaran, gas yang mengiritasi dan sangat beracun dapat dihasilkan oleh dekomposisi termal atau pembakaran.
Berbagai media pemadam : Untuk kebakaran kecil, gunakan bahan kimia kering, karbon dioksida, semprotan air atau busa tahan-alkohol. Air atau busa dapat menyebabkan buih. Menggunakan agen yang paling tepat untuk memadamkan api.


Bagian 6
                        Tindakan Release Terkadang


Informasi Umum : Gunakan alat pelindung diri yang tepat seperti yang ditunjukkan dalam Pasal 8.
Tumpahan / Kebocoran : Vacuum atau menyapu material dan tempat ke dalam wadah pembuangan yang sesuai. Hindari menghasilkan kondisi berdebu. Hapus semua sumber api. Sediakan ventilasi.


Bagian 7
                        Penanganan dan Penyimpanan


Penanganan : Cuci sampai bersih setelah menangani. Lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan cuci sebelum digunakan kembali. Gunakan hanya di area yang berventilasi baik. Meminimalkan pembentukan debu dan akumulasi. Hindari kontak dengan mata, kulit, dan pakaian. Hindari konsumsi dan inhalasi.
Penyimpanan : Jauhkan dari sumber api. Jangan disimpan di bawah sinar matahari langsung. Simpan di tempat yang sejuk, kering, berventilasi baik jauh dari zat-zat yang tidak kompatibel. Toko dilindungi dari kelembaban.

Bagian 8
              Pengontrolan Pemaparan, Perlindungan Pribadi


Kontrol rekayasa : Fasilitas untuk menyimpan atau menggunakan bahan ini harus diperlengkapi dengan fasilitas pencuci mata dan pancuran keselamatan. Gunakan umum atau ventilasi pembuangan lokal yang memadai untuk menjaga konsentrasi udara di bawah batas paparan diperbolehkan.

Batas terbuka
Kimia Nama
ACGIH
NIOSH
OSHA - PELs Akhir
Asam salisilat
tidak terdaftar
tidak terdaftar
tidak terdaftar

                                                                                                                       

OSHA dikosongkan PELs : Asam salisilat: No OSHA dikosongkan PELs terdaftar untuk kimia ini.
Alat Pelindung Diri
Mata : Pakailah kacamata pelindung yang sesuai atau kacamata keamanan bahan kimia seperti yang dijelaskan oleh mata dan perlindungan wajah peraturan OSHA pada 29 CFR 1.910,133 atau Standar Eropa EN166.
Kulit : Pakailah sarung tangan pelindung yang tepat untuk mencegah paparan kulit.
Pakaian : Kenakan pakaian pelindung yang tepat untuk mencegah paparan kulit.
Respirator : Program perlindungan pernapasan yang memenuhi OSHA 29 CFR §1910.134 dan persyaratan ANSI Z88.2 atau Standar Eropa EN 149 harus diikuti setiap kali kondisi tempat kerja menjamin penggunaan respirator itu.


Bagian 9
                                     Sifat fisik dan kimia


Bentuk : bubuk kristal
Penampilan : putih
Bau : tidak berbau - bau fenolik sedikit
pH : 2.4
Tekanan uap : 0.000082 mm Hg
Densitas Uap : Tidak ada data
Tingkat Penguapan : diabaikan
Viskositas : Tidak tersedia.
Titik didih : 211 deg C @ 20.00mm Hg
Pembekuan / Melting Point : 158-160 deg C
Suhu Nyala : 535 deg C (995,00 derajat F)
Titik Nyala : 157 deg C (314,60 derajat F)
Suhu penguraian : Tidak tersedia.
NFPA Rating : (perkiraan) Kesehatan: 0; Mudah terbakar: 1; Reaktivitas: 0
Batas ledakan, Lower : 1,1% @ 392F
Atas : Tidak tersedia.
Kelarutan : larut.
Spesifik Gravity / Kepadatan : 1.4400g / cm3
Formula Molekul : C7H6O3
Berat molekul : 138,12


Bagian 10
                            Stabilitas dan Reaktivitas


Kimia Stabilitas : Stabil di bawah suhu normal dan tekanan. Kelembaban sensitif. Peka cahaya. Gelap saat terkena cahaya.
Kondisi yang dihindari : Suhu tinggi, bahan yang tidak kompatibel, cahaya, kelembaban, oksidan yang kuat.
Inkompatibilitas dengan Bahan Lain : Oksidator, timbal asetat, garam besi, alkali, iodine, semangat nitrous eter.
Penguraian Produk : Karbon monoksida, asap yang mengiritasi dan beracun dan gas, karbon dioksida.
Polimerisasi Berbahaya : Tidak akan terjadi.


Bagian 11
Informasi Toksikologi


RTECS # :
CAS # 69-72-7 : VO0525000
LD50 / LC50 :
CAS # 69-72-7 :
Uji Draize, kelinci, mata : 100 mg berat;
Draize tes, kelinci, kulit : 500 mg / 24H Mild;
Penghirupan, tikus : LC50 => 900 mg / m3 / 1H;
Oral, mouse : LD50 = 480 mg / kg;
Oral, kelinci : LD50 = 1300 mg / kg;
Oral, tikus : LD50 = 891 mg / kg;
Kulit, kelinci : LD50 => 10 gm / kg;
Kulit, tikus : LD50 => 2 gm / kg; <br.

Karsinogenik :
CAS # 69-72-7 : Tidak terdaftar oleh ACGIH, IARC, NIOSH, NTP, atau OSHA.
Epidemiologi : Tidak ada informasi yang tersedia.
Teratogenicity : Oral, tikus: TDLo = 1.050 mg / kg (betina 8-14 hari (s) setelah pembuahan) Spesifik Pembangunan Kelainan - Sistem Saraf Pusat dan kraniofasial (termasuk hidung dan lidah) dan sistem muskuloskeletal .; Oral, tikus: TDLo = 350 mg / kg (betina 8-14 hari (s) setelah pembuahan) Efek pada embrio atau janin - struktur ekstra-embrio (misalnya, plasenta, tali pusat) .; Oral, mouse: TDLo = 1 gm / kg (betina 17 hari (s) setelah pembuahan) Kesuburan - kematian pasca-implantasi (misalnya mati dan / atau implan diserap per jumlah implan) dan fetotoxicity (kecuali kematian, misalnya, terhambat janin ).
Efek Reproduksi : Oral, tikus: TDLo = 1.050 mg / kg (betina 8-14 hari (s) setelah pembuahan) Ibu Efek - rahim, leher rahim, vagina dan Kesuburan - kematian pasca-implantasi (misalnya implan mati dan / atau diserap per Total jumlah implan) dan sampah ukuran (misalnya # janin per induk, diukur sebelum kelahiran) .; Oral, tikus: TDLo = 40 mg / kg (betina 20-21 hari (s) setelah pembuahan) Ibu Efek - nifas.
Neurotoksisitas : Tidak ada informasi yang tersedia.
Sifat mutagenic : Mutasi di Mikroorganisme: Saccharomyces cerevisiae = 1 mmol / L / 3H .; DNA Penghambatan: Oral, mouse = 100 mg / kg.
Studi lainnya : Standard Draize Test: Administrasi ke kulit (kelinci) = 500 mg / 24 jam (Mild). Standar Draize Test: ion Administrat ke mata (kelinci) = 100 mg (berat). </ br.


Bagian 12
                                      Informasi Ekologi


Eko : Bakteri: Phytobacterium phosphoreum: EC50 = 214 mg / L; 5 menit; Microtox uji adsorpsi, penguapan dan biokonsentrasi tidak diharapkan proses nasib lingkungan yang penting. Biodegradasi diharapkan menjadi mekanisme penghapusan dominan dari tanah dan air. Hal ini juga dapat mengalami degradasi fotokimia dalam media lingkungan diterangi matahari.
Lingkungan : Di udara, diharapkan ada baik di uap dan fase partikulat. Fase reaksi uap dengan fotokimia menghasilkan radikal hidroksil mungkin penting (diperkirakan paruh 1,2 hari). Penghapusan oleh deposisi basah dan kering juga dapat terjadi. BOD = 141%, 5 hari.
Fisik : Cepat degradasi ke fenol ketika dipanaskan.
Lainnya : Berbahaya bagi kehidupan air dalam konsentrasi tinggi.




Bagian 13
                          Pertimbangan pembuangan


Penghasil limbah kimia harus menentukan apakah bahan kimia dibuang diklasifikasikan sebagai limbah berbahaya. US EPA pedoman untuk penentuan klasifikasi tercantum dalam 40 CFR Bagian 261,3. Selain itu, penghasil limbah harus berkonsultasi peraturan limbah berbahaya negara bagian dan lokal untuk memastikan klasifikasi lengkap dan akurat.
RCRA P-Series : Tidak terdaftar.
RCRA U-Series : Tidak terdaftar.


Bagian 14
                              Informasi Transportasi



US DOT
IATA
RID / ADR
IMO
Canada TDG
Pengiriman Nama :
Tidak ada informasi yang tersedia.



Tidak ada informasi yang tersedia.
Kelas Bahaya:





Nomor UN:





Packing Kelompok:







                                               
Bagian 15
                                                Peraturan


US FEDERAL

TSCA
CAS # 69-72-7 terdaftar di persediaan TSCA.
Kesehatan & Keselamatan Daftar Pelaporan
Tak satu pun dari bahan kimia di Kesehatan & Keselamatan Pelaporan Daftar.
Kimia Uji Aturan
Tak satu pun dari bahan kimia dalam produk ini berada di bawah Peraturan Uji Kimia.
bagian 12b
Tak satu pun dari bahan kimia yang terdaftar di bawah TSCA Bagian 12b.
TSCA signifikan New Gunakan Aturan
Tak satu pun dari bahan kimia dalam bahan ini memiliki SNUR bawah TSCA.
SARA

Pasal 302 (RQ)
Tak satu pun dari bahan kimia dalam bahan ini memiliki RQ.
Pasal 302 (TPQ)
Tak satu pun dari bahan kimia dalam produk ini memiliki TPQ a.
SARA Kode
CAS # 69-72-7 : akut, kronis.
Bagian 313
Tidak ada bahan kimia yang dilaporkan berdasarkan Pasal 313.
Clean Air Act :
Bahan ini tidak mengandung polutan udara berbahaya. Bahan ini tidak mengandung Kelas 1 Ozon depletors. Bahan ini tidak mengandung Kelas 2 depletors Ozon.
Bersih Act Air :
Tak satu pun dari bahan kimia dalam produk ini terdaftar sebagai Zat Berbahaya di bawah CWA. Tak satu pun dari bahan kimia dalam produk ini terdaftar sebagai Polutan Prioritas bawah CWA. Tak satu pun dari bahan kimia dalam produk ini terdaftar sebagai Polutan Beracun di bawah CWA.
OSHA :
Tak satu pun dari bahan kimia dalam produk ini dianggap sangat berbahaya oleh OSHA.
NEGARA
CAS # 69-72-7 tidak ada dalam daftar negara dari CA, PA, MN, MA, FL, atau NJ.
California Tingkat Risiko Tidak Signifikan: Tidak ada bahan kimia dalam produk ini terdaftar.

Eropa / Peraturan Internasional
Pelabelan Eropa Sesuai dengan EC Directive


Simbol bahaya:
XN
Frase risiko:
R 22 Berbahaya jika tertelan.
R 36/38 Mengiritasi mata dan kulit.

Keselamatan Frase:
S 26 Jika kena mata, segera bilas
dengan banyak air dan dapatkan bantuan medis.
S 28 Setelah kena kulit, segera cuci
dengan ...
S 39 Wear pelindung mata / wajah.

WGK (Water Bahaya / Perlindungan)
CAS # 69-72-7: 1
Kanada
CAS # 69-72-7 terdaftar di Daftar DSL Kanada. CAS # 69-72-7 terdaftar di Daftar DSL kanada.

Produk ini memiliki klasifikasi WHMIS dari D2B.
CAS # 69-72-7 terdaftar di Daftar bahan-bahan Pengungkapan Kanada.
Batas terbuka


Bagian 16
                                    Informasi Tambahan


MSDS Tanggal Pembuatan: 1999/06/10
Revisi # 1 Tanggal: 2000/08/02

Informasi di atas diyakini akurat dan mewakili informasi terbaik saat ini tersedia bagi kita. Namun, kami tidak membuat jaminan dapat diperjualbelikan atau jaminan lainnya, tersurat maupun tersirat, sehubungan dengan informasi tersebut, dan kita asumsikan tidak bertanggung jawab akibat dari penggunaannya. Pengguna harus membuat penyelidikan sendiri untuk menentukan kesesuaian informasi untuk tujuan khusus mereka. Dalam hal apapun Fisher bertanggung jawab atas segala klaim, kerugian, atau kerusakan pihak ketiga atau untuk kehilangan keuntungan atau kerusakan khusus, tidak langsung, insidental, konsekuensial atau teladan kerusakan, apapun yang timbul, bahkan jika Fisher telah diberitahukan mengenai kemungkinan tersebut kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar